GOTA

GOTA (Gerakan Orang TuaAsuh) Terpadu BPK CIREBON

LATAR BELAKANG

Sampai 2015, BPK Cirebon mengelola 10 sekolah yang meliputi 3 Taman Kanak-Kanak, 3 Sekolah Dasar,  2 Sekolah Menengah Pertama  dan 2 Sekolah Menengah Atas .   Jumlah total siswa per Desember 2015 adalah 2.048 siswa.    Keseluruhan karyawan baik kepala sekolah, guru, tata usaha dan lain-lain, per Desember 2015 sejumlah 217 orang.

Selain kewajiban menyediakan pendidikan yang  berkualitas dan terjangkau masyarakat, BPK  juga memikul tanggungjawab untuk peduli bagi keluarga yang  kurang mampu. Kepada mereka, kami terpanggil untuk menyediakan tempat di sekolah-sekolah BPK agar putra putri mereka mendapatkan pendidikan dengan dasar Nilai-Nilai Kekristenan (N2K). Dalam melaksanakan kewajiban tersebut, tantangan terbesar yang dihadapi adalah ketersediaan dana.

Data keuangan tahun ajaran 2015/2016 menunjukkan, dari 6 sekolah reguler: 40 persen atau 698 murid, membayar Uang Sekolah di bawah standar  yang  ditentukan sekolah.  Bantuan keringanan Uang Sekolah yang diberikan kepada setiap murid tidak sama nilainya.    Total dana bantuan yang dikeluarkan pihak BPK setiap bulan mencapai Rp. 59,8 juta atau sekitar Rp. 718 juta selama setahun.

Untuk itulah, GOTA Terpadu diadakan sebagai wadah yang  dibentuk oleh pengurus BPK PENABUR Cirebon untuk mengumpulkan dan mengelola dana dari para donatur (Orang Tua Asuh) untuk bersama-sama menanggung beban biaya pendidikan bagi mereka yang layak dibantu.

VISI DAN MISI

VISI

  • Atas kasih dan anugerah Tuhan, GOTA menjadi gerakan sosial yang profesional, bertanggungjawab dan transparan dalam mengelola bantuan danapendidikan bagi siswa-siswi keluarga Kristen.
  • GOTA dapat menumbuhkan tradisi tolong menolong berlandaskan kasih Tuhan, khususnya di lingkungan BPK PENABUR

MISI

  • Memotivasi komunitas Kristen di lingkungan BPK PENABUR Cirebon untuk peduli terhadap kelangsungan pendidikan keluarga kurang mampu.
  • Mengumpulkan dana para donator untuk membantu menjamin kelangsungan pendidikan putra-putri keluarga kurang mampu dan mereka yang tinggal di tempat-tempat terpencil untuk dapat bersekolah di BPK Cirebon.
  • Mengelola dana bantuan para donator secara profesional, bertanggungjawab dan bisa dipertanggungjawabkan secara transparan.

 

MENJADI ANAK ASUH (AA)

Anak Asuh (AA) adalah perorangan yang mengajukan permintaan bantuan dana pendidikan dantelah disetujui oleh Tim GOTA.Untuk menjadi Anak Asuh, orang tua dimohon kesediaannya untuk mengisi Formulir GOTA yang tersedia di setiap sekolah dan mengembalikan kepada Kepala Sekolah setempat. Jika diperlukan, orang tua bias dipanggil untuk melakukan wawancara dengan tim GOTA sebagai bagian dari proses verifikasi data.

Permohonan Anak Asuh yang disetujui, orang tua akan dihubungi dan diminta datang ke sekolah untuk menandatangani surat persetujuan untuk menaati semua ketentuan penerimaan donasi GOTA. Pemberian bantuan tidak dalam bentu ktunai, namun langsung dipotongkan terhadap uang sekolah bulanan  yang dikoordinir oleh sekretariat BPK PENABUR.

MENJADI ORANG TUA ASUH (OTA)

Orang Tua Asuh (OTA) adalah perorangan, kelompok atau perusahaan  yang dengan sukarela memberikan bantuan dalam bentuk dana pendidikan kepada keluarga kurang mampu agar putraputri mereka dapat meneruskan pendidikanf ormalnya di sekolah-sekolah dalam naungan BPK PENABUR Cirebon.

Ada 2 (dua) cara untuk menjadi  Orang Tua Asuh (OTA)

  1. Calon Orang Tua Asuh dimohon mengisi Formulir OTA dan langsung memberikan donasinya secara tunai  di sekolah. Pihak sekolah wajib memberikan tanda terima resmi dengan stempel sekolah.
  2. Melalui Transfer Bank (lebih direkomendasikan)

Calon Orang Tua Asuh dapat mengirimkan donasi dengan cara mentransfer dari  bank kepada rekening bank GOTA berikut ini:

Bank Artha Graha

No. Rekening  0813215055

a/n: Mery Chandra or Ervinna T.

Mohon agar dapatmengirimkanfotokopi/bukti transfer ke kantor GOTA  melalui:

Faksimile (0231) 245119 atau SMS ke no HP/WA 089676123346

Alamat e-mail : bendahara@penaburcirebon.sch.id

Bagi donatur  yang  mencantumkan alamat akan dikirimkan tanda terima resmi melalui surat kealamat tersebut atau ke alamat e-mail.Calon Orang Tua Asuh di mohon kesediaan mengisi Formulir GOTA yang  tersedia di setiap sekolah BPK PENABUR atau bisa didownload pada website  resmi GOTA di sini. Dana yang terkumpul akan diberikan kepada anak asuh yang diseleksi melalui rapat tim GOTA.

KONTROL PEMAKAIAN GOTA

Tim GOTA akan melakukan seleksi dalam menentukan individu penerima bantuan.  Tidak saja dalam hal kesesuaian pengisian data namun juga verifikasi kondisi keluarga pemohon bantuan. Jika dikemudian hari diketahui adanya ketidakjujuran penyampaian data bantuan, maka bantuan akan segera dihentikan dan yang bersangkutan diminta untuk mengembalikan seluruh bantuan yang telah diterimanya.

Untuk meminimalisir penyelewengan, dana bantuan tidak diberikan dalam bentuk tunai, namun akan dipotongkan langsung pada uang sekolah bulanan yang  akan dikoordinir sekretariat BPK PENABUR Cirebon.GOTA mencatat setiap donasi yang  diterima dan penggunaannya. Setiap bulan laporan keuangan GOTA akan di upload  diweb dan mading sekolah.

TENTANG KAMI

Tim  GOTA beranggotakan: Kepala Sekolah, Tim Penerimaan Siswa Baru, Pengurus BPK PENABUR, dan Wali Sekolah.

Tim GOTA Terpadu untuk periode 2016-2017 sbb:

Ketua : Mery Chandra

Wakil Ketua : Ervinna Tedjapermadi

Sekretaris :  Gina Anggraeni