PENABUR CIREBON SCIENCE CENTER

PENABUR CIREBON SCIENCE CENTER

Latar Belakang

Untuk  mencapai hasil pembelajaran yang optimal  dapat  di lakukan dengan beberapa  cara yaitu : Peningkatan kompetensi Guru , Penetapan  Kurikulum pembelajaran yang tepat, Kualitas proses pembelajaran  yang efektif , motivasi  dan sikap belajar siswa ,metode belajar, teknik belajar dan juga menyiapkaan sarana belajar yang mendukungnya, sehingga materi pembelajaran dapat disajikan dengan  menarik , berbobot  dan  menyenangkan sehingga peserta  pada akhirnya peserta didik dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pengajarnya dan dapat mengoptimalkan pemahamannya melalui kegiatan praktikum dan ekplorasi melalui google.

Pemilihan metode dan teknik belajar disiapkan oleh guru pengajar dengan memperhatikan  kedalaman materi , keluasan materi , tipikal audien ( peserta ) didik  merupakan upaya personal yang dilakukan oleh guru dengen memperhatikan kaidah kaidah pendidikan yang ada.

Sedangkan  daya dukung sarana pembelajaran mempunyai kontribusi yang besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah .

Untuk peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran khususnya IPA ( Sains)  selain peningkatan kompetensi guru pemilihan  metode pembelajaran, teknik pembelajaran  juga perlu didukung  sarana praktikum / laboratorium yang memadai .

Pengembangan sarana pembelajaran  khususnya laboratorium akan memberikan dampak yang positif dan signifikan  terhadap pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran  IPA / sains  , selain itu pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum akan memberikan pengelaman belajar bagi anak yang menyenangkan dan meningkatkan ketrampilan bagi siswa dalam :

  1. Penggunaan alat – alat laboratorium .
  2. Penyusunan laporan pengamatan / praktikum .
  3. Membiasakan siswa berfikir dengan metode ilmiah.
  4. Menyusun dan melaksanaan eksperimen.
  5. Menguji kerja sama dalam team.
  6. Meningkatkan  ketelitian, ketepatan ,dan kejujuran dalam melakukan eksperimen.

Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh dengan metode pembelajaran menggunakan ekperimen/ pengamatan , dan seiring dengan tuntutan kurikulum 2013 yang di canangkan pemerintah yaitu yang menilai siswa tidak hanya dari sisi akademis /pengetahuan saja melainkan juga dari sisi ketrampialn siswa , maka perlu dikembangkan sarana pembelajaran menggunakan laboratorium IPA/ SAINS  di SMPK/SMAK PENABUR  Cirebon.